Total Tayangan Laman

Rabu, 29 Februari 2012

makalah modem


Kata pengantar
Puji syukur kamI panjatkan ke hadirat ALLAH swt. Yang telah memberikan taufik dan hidayah-nya kepada kami, sehingga kami dapaat menyelesaikan tugas makalah ini dengan sebaik-baik nya.
Makalah ini saya susun berdasarkan fakta-fakta yang ada dari sumber-sumber ilmu pengetahuan. Pada makalah ini kami sertakan tujuan pembuatan makalah ini.
Kami berharap pembuatan makalah ini dapat membantu teman-teman dalam belajar dan mengerti akan ilmu-ilmu tentang komputer.




















daftar isi
  1. Daftar isi
  2. Kata pengantar
  3. Penjelasan
a.       Pengertian modem
b.      Jenis-jenis modem
c.       Penjelasan inti
d.      Modem-modem yang beredar di pasaran
e.      Setting username dan pasword
  1. penutup

















Pengertian modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Jenis-jenis modem
·  Modem 3GP
·  Modem GSM
·  Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
  • Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
·  Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
·  Modem CDMA
Modem external adalah modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya.
Modem Kabel (bahasa Inggris: cable modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu eternet.
Isyarat analog adalah istilah yang digunakan dalam ilmu teknik (terutama teknik elektro, teknik informasi, dan teknik kendali), yaitu suatu besaran yang berubah dalam waktu atau dan dalam ruang, dan yang mempunyai semua nilai untuk untuk setiap nilai waktu (dan atau setiap nilai ruang). Digunakan juga istilah isyarat kontiyu, untuk menggambarkan bahwa besaran itu mempunyai nilai yang kontinyu (tak terputus).
Contoh isyarat analog adalah isyarat listrik yang dihasilkan oleh peralatan elektrik non-digital: isyarat suara pada radio konvensional, isyarat gambar (foto) pada kamera konvensional, isyarat video pada televisi konvensional.
Penjelasan inti
Modem Kata ini berasal dari modulator-demodulator dan itu cukup baik menggambarkan fungsi mereka. Sirkuit telepon standar, yang dikenal sebagai garis POTS untuk Plain Old Telephone Service, dirancang untuk membawa informasi analog seperti gelombang suara Anda. Yang tidak kompatibel dengan informasi antara komputer yang merupakan aliran digital terdiri dari satu dan nol. Sinyal komputer digital harus dimodulasi atau dikonversi ke gelombang suara analog ke perjalanan melalui saluran telepon, dan didemodulasi atau dikonversi kembali menjadi pulsa digital yang dapat dipahami oleh komputer penerima.

Modem harus memiliki satu set instruksi yang memberitahu mereka bagaimana untuk menyelesaikan berbagai tugas komunikasi. Sebuah produsen modem awal-awal merintis, Hayes, mengembangkan satu set instruksi yang disebut Komando Hayes Set, yang telah dimodifikasi dan dikembangkan sebagai teknologi canggih. Produsen lainnya juga menerapkan perintah-perintah ini sehingga modem yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda akan dapat berbicara satu sama lain. Jadi set Hayes menjadi standar de facto yang biasanya disebut sebagai perintah AT set karena perintah yang diawali dengan AT untuk membiarkan modem tahu bahwa instruksi adalah mengikuti. Sebuah kelompok instruksi ini disebut Command String.

Kecepatan Modem

Modem asli dioperasikan pada 300 bit data yang berkobar kecepatan per detik (bps). Hari ini modem analog tercepat dinilai pada 56.000 bps, sayangnya Federal Communications Commission (FCC) membatasi mereka untuk kecepatan maksimum 53 Kbps untuk melindungi jaringan telepon dari gangguan yang dapat mempengaruhi komunikasi suara normal. Jika Anda pernah melihat kecepatan modem 56K melaporkan lebih dari 53K, itu adalah melaporkan kecepatan port komputer Anda (DTE), TIDAK kecepatan koneksi (DCE). Hal ini kadang-kadang dapat terjadi ketika modem apapun diinisialisasi, itu adalah kesalahan, modem 56K Anda tidak akan terhubung di 115.2K. Modem dapat dipaksa untuk melaporkan kecepatan port dengan perintah AT jadi jika Anda secara konsisten melihat kecepatan terlalu tinggi dilaporkan Anda dapat memperbaiki string perintah Anda untuk memperbaikinya, Sayangnya, tidak semua modem menggunakan kode perintah yang sama sehingga berkonsultasi dengan panduan manual modem Anda atau produsen web situs.

Modem modern dirancang untuk beradaptasi dengan kondisi saluran telepon dan kebisingan, dan dinamis kenaikan atau penurunan dalam kecepatan yang diperlukan. Ketika Anda mendaftar dan komputer memberitahu Anda bahwa Anda terhubung pada misalnya 48.000, jangan khawatir tentang menghubungkan kembali untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi, itu hanya kecepatan pada saat Anda terhubung dan biasanya berubah secara konstan sebagai kondisi mendikte.

Ada hal-hal lain yang harus diperhatikan dengan modem 56K bahwa kebanyakan dari kita menggunakan hari ini. Dalam rangka untuk memberikan kecepatan di atas 28K hanya ada satu konversi digital antara komputer Anda dan beralih perusahaan telepon yang menghubungkan. Karena ada satu di rumah Anda (modem), yang berarti bahwa perusahaan telepon harus memiliki digital daripada saklar analog. Kecuali Anda benar-benar keluar di tongkat, hampir semua switch Telco adalah digital saat ini. Ada, sayangnya, keterbatasan lain, Anda harus berada dalam waktu sekitar 3 mil ½ (5,6 kilometer) dari saklar Telco, atau garis kerugian dan kebisingan akan membuat kecepatan tinggi mustahil.

Modem jenis

Dua jenis modem 56K awalnya dijual, modem X2 dikembangkan oleh US Robotics, dan Flex dikembangkan oleh Rockwell dan Lucent. Dua jenis yang berbeda tidak dapat berbicara dengan satu sama lain, dan itu penting untuk menggunakan penyedia layanan Internet (ISP) yang menggunakan jenis yang sama modem yang Anda miliki. Akhirnya kepala lebih sehat menang dan dua kamp datang dengan sistem yang menggabungkan fitur terbaik dari masing-masing. Sistem baru ini diadopsi oleh International Telecommunication Union (ITU) dan sekarang universal di bawah Standar V.90 ITU.

Masih ada berbagai jenis modem V.90. Modem eksternal mandiri dalam kotak mereka sendiri dan memiliki kekuatan mereka sendiri pasokan yang harus dicolokkan ke stopkontak. Mereka disukai oleh beberapa pengguna karena mereka mudah untuk menyiapkan, hanya menghubungkan mereka ke port serial yang tersedia, atau USB port, dan mereka memiliki lampu status yang dapat memberikan informasi tentang operasi dan kinerja mereka. Mereka dapat bergerak dengan mudah antara komputer yang berbeda, dan dapat dimatikan saat tidak digunakan. Jenis modem internal ekspansi kartu yang ditancapkan ke slot baik ISA atau PCI di dalam komputer. Mereka biaya kurang dari model eksternal yang sebanding karena mereka perlu tidak lemari atau pasokan listrik. Mereka, tentu saja, mengharuskan Anda untuk masuk ke dalam komputer yang akan diinstal dan tidak dapat memiliki lampu status. Mereka adalah port sendiri serial mereka dan begitu juga tidak menggunakan salah satu dari port pada komputer Anda yang mungkin diperlukan untuk sesuatu yang lain. Kebanyakan modem internal saat ini adalah Plug and Play (PnP) dan diakui dan ditugaskan oleh sistem operasi PnP. Pastikan bahwa BIOS anda TIDAK dikonfigurasi untuk mengatur perangkat PnP, Windows akan menangani setup PnP. Mereka membutuhkan instalasi driver yang disertakan oleh produsen pada disket atau CD ROM.

Beberapa modem internal Winmodem, mereka dari beban beberapa fungsi ke CPU komputer yang biasanya ditangani oleh prosesor onboard pada modem tradisional. Hal ini jelas menggunakan beberapa daya komputasi dinyatakan tersedia untuk menjalankan aplikasi. Produsen tidak selalu di depan dalam mengidentifikasi winmodem, sehingga mencari baik cetak pada kotak. Winmodem akan selalu menentukan persyaratan minimum untuk kecepatan CPU komputer. Winmodem A juga harus digunakan hanya dengan sistem operasi Windows.
Modem-modem yang beredar di pasaran
Modem ZTE MF180 Paket Telkomsel FLASH GRATIS Flash

-GSM Huawei E160 HSDPA 7,2mbps (ada slot antena )


-Modem Huawei E153 HSDPA Logo Huawei


-Modem Huawei E153 HSDPA 7,2Mbps Logo FLASH


-SMARTFREN CE682 USB MODEM EVDO REV.A Upto 3.1Mbps,


-Modem CDMA EVDO Rev. A Air Flash AH007 Free AHA Dinamis Support Flexi EVDO

 

-Modem SmartFren Cdma Evdo Rev.A Huawei EC1261-2 Dualband Unlcok

 

-Modem EVDO Rev. B fase2 Smartfren EC306-2 Unlock free smartfren paket superpro 14,7Mbps

 

-Modem CDMA VT-28 Evdo Rev.0 2.4Mbps Freq 800MHz Single Band Voice Call Ready Support AHA

 

-CDMA VENUS FAST2 EVDO DUAL BAND 800/1900 Support AHA & Smart

 

-Modem Cooller for all type modem recomended for AC682 Smartfren

 

 


Setting Modem Username Password dan APN Internet

Berikut ini adalah parameter seting modem yg umum nya dipakai untuk seting internet di modem. Setelah modem di instal biasanya kita harus bikin profil dulu sesuai kartu yang kita pakai,  jadi setiap kartu/operator berbeda parameternya.
Biasanya untuk GSM kita harus isi :
- USERNAME
- PASSWORD
- APN
- DIAL NUMBER (Semua GSM standarnya diisi *99#)
Dan biasanya untuk CDMA/EVDO diisi:
- USERNAME
- PASSWORD
- DIAL NUMBER (Semua CDMA/EVDO standarnya diisi #777)
===================================================
Parameter GSM
Telkomsel
Username : wap
Password : wap123
APN : telkomsel
Dial Number : *99#
Authentication : chap
Telkomsel Unlimited/Volumebase
Username : (dikosongkan)
Password : (dikosongkan)
APN : telkomsel / internet
Dial Number : *99#
Authentication : chap
XL
Username : xlgprs
Password : proxl
APN : www.xlgprs.net
Dial Number : *99#
XL Unlimited
Username : (dikosongkan)
Password : (dikosongkan)
APN : xlunlimited
Dial Number : *99#
AXIS
Username : axis
Password : 123456
APN : axis
Dial Number : *99#
3
Username : 3gprs
Password : 3gprs
APN : 3gprs
Dial Number : *99#
3 Unlimited
Username : 3data
Password : 3data
APN : 3data
Dial Number : *99#
Matrix
Username : indosat
Password : indosat
APN : indosatgprs.com
Dial Number : *99#
IM3
Username : gprs
Password : im3
APN : www.indosat-m3.net
Dial Number : *99#
GPRS Volume Based
Username : indosat
Password : indosat
APN : indosatgprs
Dial Number : *99#
GPRS Duration Based
Username : indosat@durasi
Password : indosat@durasi
APN : indosatgprs
Dial Number : *99#
IM2 Unlimited
Username : sesuai waktu registrasi
Password : sesuai waktu registrasi
APN : indosatm2
Dial Number : *99#
IM2 Paket pas/asik
Username : (kode tersembunyi di Customer ID)
Password : (kode tersembunyi di Activation Code)
APN : indosatm2
Dial Number : *99#
===================================================
Parameter CDMA / EVDO
Smart
Username : smart
Password : smart
Dial Number : #777
Flexi
Username : telkomnet@flexi
Password : telkom
Dial Number : #777
Flexi Unlimited
Username : (sesuai waktu registrasi)
Password : telkom
Dial Number : #777
Fren
Username : m8
Password : m8
Dial Number : #777
Mobi
Username : (sesuai waktu registrasi)
Password : (sesuai waktu registrasi)
Dial Number : #777
Esia
Username : esia
Password : esia
Dial Number : #777
AHA / Esia
Username : aha@aha.co.id
Password : aha
Dial Number : #777

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar